Mahasiswa Unusa Pamerkan Karya Wirausaha Inovatif

Mahasiswi Unusa saat pameran karya kewirausahaan. (Dok: Jurnas.net)

Jurnas.net – Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) mengadakan Pameran Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2023, Rabu, 25 Oktober 2023. Acara ini menghadirkan 8 karya mahasiswa Unusa yang lolos program PKM Bidang Kewirausahaan dari 33 judul.

Heating Blanket merupakan salah satu karya yang dihasilkan Mahasiswa Prodi D3 Keperawatan. Heating Blanket atau selimut penghangat, terbuat dari kain teslan yang terhubung dengan blower untuk mengalirkan udara hangat.

Ari Wijayanti mengungkapkan bahwa ide ini berawal dari melihat pasien mengalami hipotermia setelah operasi sesar saat ia praktik di ruang operasi.

“Heating blanket dikhususkan pada pasien yang mengalami hipotermia. Cara kerja alatnya yaitu, di dalam pemanasnya ada blower keong dan penghangat yang jadi satu. Blowernya menghantarkan udara panas menuju ke selimut,” kata Ari Wijayanti dari prodi D3 Keperawatan selaku ketua tim.

Muhazirin Khoeroy menambahkan bahwa tekanan panas yang dihantarkan melalui blower sekitar 800 watt. “Aslinya itu 250 watt tapi karena nanti di ruang operasi suhunya dingin, jadi pemanasnya dinaikkan ke 800 watt,” ujarnya.

Karya lainnya yang dihasilkan mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis dan Teknologi Digital adalah polybag atau tas belanja. Polybag terbuat dari limbah kulit jagung yang diolah dengan bahan senyawa kimia Glycerol.

“Polybag yang terbuat dari limbah kulit jagung. Penyulingan serat kulit dilakukan selama 15 hari, kemudian dikeringkan dan dicampur dengan senyawa kimia Glycerol untuk membentuk unsur plastiknya,” kata Sevita Eka Anggraeni.

Mereka mengaku mendapatkan limbah kulit jagung dari pasar-pasar terdekat. “Harganya 45 ribu rupiah isi 50 lembar, untuk ukuran 40×40 cm. Hingga saat ini kami sudah menjual 67 dari 70 pcs,” katanya.

Adapun karya lain yang dipamerkan yakni, Creative Handmade Macrame untuk mengurangi limbah pelepah pisang, Anbleed Toothbrush sikat gigi anti pendarahan yang terbuat dari bambu dan serat nilon yang halus.

ROKURI atau roti isi berbahan dasar tepung sukun untuk mengurangi diabetes, Guava Mask Whitening masker kecantikan yang terbuat dari jambu dan madu untuk mengurangi jerawat.

Smart Wallet atau dompet pintar memiliki alat pelacak jika pengguna kehilangan dompet, terakhir BIPORA atau Bingkai Poster Bersuara yang bertujuan untuk menambah literasi masyarakat sekitar.

Sebelumnya, Unusa berhasil menjadi kampus terbanyak di Jatim yang meloloskan judul terbanyak di 2023, dengan total pendanaan sekitar Rp233 juta. (Mal)