Tentang kami

Media online amat mendewakan kecepatan dengan jualan utama breaking news. Bersaing dengan televisi. Bahkan media online berusaha menjadi yang terdepan, dalam menyajikan informasi terkini tentang apapun yang terjadi. Termasuk berita-berita ringan (crispy news).

Dari sini dimulailah perlombaan media online untuk membujuk orang membuka halaman demi halaman mereka. Judul menggoda, mengumbar sensasi, bahkan menipu dan memanipulasi (click bait) hampir jadi menu sehari-hari. Topik seputar mistik, kriminalitas, dan seksualitas pun dieksploitasi habis.

Dua kecenderungan itu membuat kualitas sering terabaikan. Hasilnya, berita berbagai portal nyaris sama alias dangkal, hanya berisi pernyataan (talking news), miskin konteks dan pemaknaan.

Jurnas.net hadir bukan untuk jurnalisme baru, tapi “jurnalisme lama”, yakni jurnalisme yang merujuk kembali ke akarnya. Sebuah tugas mulia yang memburu kebenaran, lalu menyajikannya kembali kepada pembaca dengan niat lurus agar khalayak tercerahkan dan terberdayakan.

Caranya, memperkokoh seluruh standard dan nilai jurnalistik yang selama ini dikenal: mengedepankan rasa ingin tahu disertai skeptisisme, cek recek dan verifikasi ulang, serta memperkokoh nilai-nilai dasar etika jurnalistik.

Jurnas.net hadir dari gagasan sejumlah wartawan dan orang-orang kreatif, yang berkomitmen dengan visi misi dalam menyampaikan berita-berita terbaru secara cepat, tepat, dan akurat. Tentu dengan penuh warna dan tampil beda.

Jurnas.net melengkapi kebutuhan informasi berita peristiwa, hukum dan kriminal, isu-isu politik terbaru, dunia pendidikan, ekonomi, olahraga, seni, sosial budaya, dan lainnya, yang dikemas dengan santun dan kredibel dengan berpedoman pada nilai nilai jurnalisme, dengan menjunjung kode etik jurnalistik.

Jurnas.net adalah singkatan dari Jurnal Nasional. Diterbitkan oleh PT Sentral Digital Media, dan mulai resmi mengudara pada 10 November 2023, bertepatan pada Hari Pahlawan Nasional.

Jurnas.net Media Informasi Terpercaya Rakyat Indonesia.