Jokowi Akan Hadiri Puncak Perayaan Natal Nasional di Gereja Surabaya

Presiden Joko Widodo saat menghadiri puncak Hari Santri 2023 di Tugu Pahlawan Surabaya. (Dok: Jurnas.net)

Jurnas.net – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menghadiri acara puncak perayaan Natal Nasional di Surabaya pada Rabu, 27 Desember 2023 mendatang. Kegiatan itu akan digelar di Gereja Bethany, Nginden Surabaya.

“Insya Allah hadir, karena beliau (Jokowi) yang membuka acara Natal Nasional di Surabaya nanti,” kata Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, Rabu, 13 Desember 2023.

Eri mengatakan Gereja Bethany nantinya akan dijaga lebih ketat dari gereja lain, untuk memastikan keamanan orang nomor satu di Indonesia itu. Meski begitu, gereja lain tetap dijaga seperti mekanisme tahun-tahun sebelumnya.

“Kalau presiden datang yang pasti akan ada protapnya dari Paspampres, bagaimana keamanan di Bethany. Tapi yang gereja lainnya secara umum akan lakukan seperti tahun-tahun sebelumnya, bagaimana kita akan terus bergerak bersama,” katanya.

Eri memastikan perayaan Natal Nasional akan berjalan lancar. Dirinya mengaku sudah berkoordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk pengamanan. “Insya Allah mengeluarkan surat edaran bagaimana pelaksanaan-pelaksanaan keamanan di gereja-gereja,” ujarnya.

Sebelum pelaksanaan, Eri menyatakan akan melakukan pengecekan ke lokasi gereja. Pengecekan dilakukan jauh sebelum Hari Raya Natal. “Apalagi di tahun ini, perayaan Natal Nasional akan dipusatkan di Kota Surabaya, di Gereja Bethany. Semoga semuanya diberikan kelancaran dan keamanan,” tandasnya.