PAN Tak Lirik Emil Dardak Sebagai Cawagub Pendamping Khofifah di Pilgub Jatim 2024

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. (Insani/Jurnas.net)

Jurnas.net – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, tampaknya tak tertarik mengusung Emil Elistianto Dardak sebagai Cawagub Jawa Timur, pendamping Khofifah Indar Parawansa. Saat ini, kata Zulhas, PAN hanya dipastikan mengusung Khofifah sebagai Cagub pada Pilgub Jatim 2024.

“Kalau Ibu Khofifah dari awal dari dulu dari pertama memang sudah bagian dari kita, karena Ibu Khofifah saya kenal lama, PAN tahu betul bekerja sungguh-sungguh, tulus untuk memajukan masyarakatnya, khususunya Jatim tentu secara umum Indonesia,” kata Zulhas, sapaan akrabnya, pada acara Halal Bihalal di Surabaya, Selasa, 30 April 2024.

Zulhas menilai Khofifah sukses memimpin Jatim selama periode 2019 – 2024. Bahkan, kata dia, hampir semua pihak menganggap Khofifah berhasil memimpin Jatim.

“Semua mengakui Ibu Khofifah sukses memimpin Jatim. Jadi otomatis kita akan memperjuangankan habis-habisan agar Ibu Khofifah melanjutkan kepemimpinan Jatim untuk periode kedua,” katanya.

Baca Juga : PDIP Lebih Tertarik Khofifah Ketimbang Dukung Risma di Pilgub Jatim 2024

Untuk diketahui, beberapa kepala daerah yang diusung PAN dikumpulkan di Surabaya hari ini. Salah satu yang diundang adalah mantan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

PAN sendiri sudah dipastikan bakal merekom Khofifah jadi Cagub pada Pilgub Jatim 2024. Meskipun telah merekom Khofifah maju dalam Pilgub Jatim, PAN belum memberikan rekomendasi untuk Cawagub Jatim.

Emil Dardak tak terlihat diundang dalam kesempatan acara PAN. Padahal ia menjabat sebagai Ketua DPD Demokrat Jatim. Sementara yang terlihat hanyalah Ketua DPD PDIP, Said Abdullah.

Baca Juga : Survei ARCI Simulasi 3 Nama Pilgub Jatim: Khofifah Ungguli Cak Imin dan Risma

Sementara terkait rekomendasi PAN ke Emil, Zulhas menyebut partainya masih berproses mencari figur yang cocok mendampingi Khofifah pada periode dua.

“Ya nanti kan memang baru proses, nanti kan pendaftaran itu Agustus ya, ini kan baru namanya pendaftaran. Kalau Ibu Khofifah dari awal sudah (bersama PAN),” pungkasnya.

Rekomendasi paket Cagub – Cawagub Khofifah – Emil sejauh ini baru dikeluarkan oleh Demokrat saja. Parpol lain yang mengusung Khofifah juga belum memberikan rekomendasi wakil. Seperti halnya Partai Golkar dan Gerindra.